Selasa, 30 Mei 2017

MENYUSURI PERKEMAHAN SEBAGAI IMPLEMENTASI POLA BINA GERAKAN PRAMUKA

Berkemah Atau Perkemahan Adalah Salah Satu Macam Kegiatan Dalam Kepramukaan Yang Dilaksanakan Secara Out Bond. Kegiatan Ini Merupakan Salah Satu Media Pertemuan Untuk Pramuka. Pramuka  Cukup Identik Dengan Perkemahan Baik Perkemahan Skala Kecil Tingkat Gugus Depan Maupun Skala Besar Tingkat Nasional Bahkan Internasional. Perkemahan Pramuka Seakan Melekat Menjadi Rutinitas Yang Harus Di Ikuti Oleh Seorang Pramuka, Karena Di Perkemahan Banyak Sekali Pelajaran Pelajaran Yang Bias Diambil Membangun Kemandirian Seorang Pramuka,Menambah Wawasan, Sebuah Bentuk Implementasi Pembelajaran Pramuka, Menambah Pertemanan Yang Merupakan Tujuan Awal Dari Sebuah Perkemahan.
Namun Kadang Seorang Pembina Lupa Memberikan Pemahaman Perkemahan Yang Kadang Asyik Pada Pola Perkemahan Yang Sudah Biasa Diikuti Tanpa Pernah Mengingat Kepada Peserta Bina Bahwa Perkemahan Adalah Bentuk Pembelajaran, Perkemahan Pramuka Bukan Sekedar Pindah Tidur,Piknik Bahkan Ajang Kumpul Kumpul Saja, Namun Banyak Yang Mesti Di Dapatkan Oleh Seorang Pramuka Dari Sebuah Perkemahan.
Kadang Perkemahan Terasa Membosankan Dikarenakan Rutinitas Perkemahan Itu Dan Itu Saja,Kegiatan Dalam Perkemahan Monoton Disinilah Perlunya Pembina Membangun Strategi Bagaimana Mengisi Perkemahan Dengan Kegiatan Yang Bias Langsung Mendekatkan Perkemahan Ketengah Masyarakat,Menjadikan Peserta Bina Bisa Menjadi Peran Sentral Pada Perkemahan,Menciptakan Perkemahan Dengan Implementasi SKU Dan SKK Peserta Bina.
Dengan Begitu Maka Harapan Membangun Kemandirian Seorang Pramuka , Membuat Kesan Perkemahan Yang Memiliki Nilai Perubahan Faktual, Dan Menjadikan Nilai Nilai Perkemahan Sebagai Garis Pandu Adik Adik Bina.

Terus Memandu Kadang Perkemahan Juga Dapat Menciptakan Rasa Dan Asa Sesama Adik Bina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages